Rabu, 23 Februari 2011

Profesi Drama di Korea



Beberapa drama korea penggambaran scripwriternya yang total tentang kehidupan pekerjaan yang dijalani pemeran utamanya menjadi hal yang buat saya tertarik nonton dramanya… oke saya mau ulas beberapa drama yang pernah saya tonton… tentunya dengan penggambaran latar profesi yang bagus ni….

1. All about eve

drama ini menceritakan tentang kehidupan dunia broadcast, penonton disuguhkan dengan kehidupan tokohnya di dunia broadcast, dari mulai training jadi penyiar, proses siaran, proses bikin berita, cari responden, bikin acara baru, dll, dan seting di lokasi kantor beritanya dapet porsi yang cukup gede. Saking totalitasnya, sampe2 MBC ( stasiun televise asli) diganti nama jadi MBS… hehehe… bukan diganti nama si… tapi diplesetin pake efek… hehehe… saya sempet ngira ada stasiun TV di korea yang namanya MBS… dan ternyata ga ada… adanya MBC (Munhwa Broadcasting Corporation) yang nayangin drama ini. 


Di jepang dulu ada juga drama yang ambil setting profesi penyaiar… kalo ga salah judulnya anchor woman (drama saya waktu SD apa SMP ya… lupa saking lamanya) Cuma alurnya beda banget.

2. Hotelier

Film jaman dulu ini nyeritain kehidupan para hotelier….

Settingnya bener2 sebuah hotel di korea… saya penasaran itu hotel apa ya? Haytt Seoul kah? Habisnya hotelnya keren…. Jalan ke bungallownya Shin Dong Hyuk itu loh saya suka…

3. Princess Hours


Sebenernya drama ini ga ada kehidupan profesinya… tapi juga bisa dikatakan profesi juga si.. eh bisa ga ya? … jadi pageran mahkota dan putri kerajaan di korea… oke, memang bukan profesi, tapi kita jadi tau sedikit kehidupan kerajaan di korea dan beberapa tradisi kerajaan di korea. Dan seperti biasa, totalitas jadi nilai plus drama korea…. Contohnya waktu nikahanya Lee Shin ma chaekyong, ribet banget tradisi nikahnya.. ma waktu Lee Shin ke Thailand… penyambutannya itu loh… meriah banget… dan ternyata setelah liat behind the scenenya… ternyata semua itu palsu sodara sodara… hehehe… tapi cukup lumayan total si…

4. Dae Jang Geum


Pasti banyak yang suka…. Kakak saya yang cowok aja sampe suka, malah di rumah dulu kadang suka nonton bareng sore2 sekeluarga… yang menarik dari drama ini kehidupan sebagai dayang dan perawat istana yang diceritakan secara total. Nek kakak saya emang latarnya seneng hal2 yang berbau medis jadi suka sama drama ini. Kita jadi tau banyak hal, mulai dari jenis dan proses pembuatan makanan yang enak dan juga sehat buat tubuh, trus cara ngecek nadi, cara akupuntur, oh… penyakit ini itu obatnya ini… penyakit ini itu karena tubuh kita kering atau lembab, dll… saya jadi mikir… penulisnya keren banget ya tau segala macam tentang hal itu…

5. You're Beautifull


Drama yang buat saya penasaran ma sosok jang geun suk si tae kyun… ga cakep si orangnya tapi senyumnya manis banget… ini menceritakan kehidupan seorang super star… band korea… sampe2 pemainya sendiri yang nyanyiin lagu2nya ANJEEL. Di drama ini juga ada kantor manajemen sama basecampnya,,seperti biasa sebagai seorang mahasiswa arsitektur… saya suka desain basecampnya. Dari drama ini, saya jadi tau kalo mau jadi bintang di korea harus latihan dan training dulu… dari kemampuan nari sampe ngedance. Trus pas konser kabarnya si konser beneran…. Nah kalo ini fansnya asli… bukan rekayasa… hehehe

6. Baker King


Ini ni… di sini kita bisa nemu roti2 enak… yang baunya bisa dicium dari kost saat nonton… (hehehe lebay… ikut2an kim tak goo nyium baunya…). Disini kita diajak ke dunia pembuatan roti… hehehe…

7. Pasta


Dengan profesi si pembuat pasta yang handal… makanan enak lagi ni…

8. Beethoven virus


Judulnya cukup unik…. Menceritakan kehidupan orchestra… apalagi yang main geun suk…

Dan masih ada beberapa drama yang cukup sukses menggambarkan profesi si tokoh.
Tapi selain itu ada juga yang gak terlalu berhasil menggambarkan dengan baik menurut saya:

1. Personal taste


Emang si Lee Min Ho cakepan di sini daripada di BBF, tapi sayang kehidupan dia jadi seorang arsitek kurang porsinya…. Standar saya agak tinggian kalo dramanya berlatar profesi arsitek… saya mengharapkan hal yang lebih… hehehe… teori2 nya ga muncul ni… mana arsitektur metaforanya, trus tokoh2 arsitektur dunianya.. ngarep…. Tapi saya lumayan seneng ma drama ini.. karena profesi arsiteknya buka karena Lee Min Honya (saya sekarang ga terlalu suka ma dia)

2. Coffee prince


Kehidupan di kedai kopi, jadi barista… tapi sayang porsi belajar bikin kopinya dikit… harusnya ditambahi tu sama pengetahuan jenis2 kopi dll…

3. Full house

Emang drama ini bagus… Cuma kehidupan Lee Yong Jae sebagai actor kurang… kerjanya cuma bersih2 rumah aja (tapi ini khas ceritanya… actor yang bersih2 rumah… hehehe… dan yang paling menarik itu… rumahnya yang bagus). Tapi saya suka sama drama ini…

Sebenernya banyak drama dengan setting profesi… Cuma saya belum berkesempatan buat nonton… jadi yang diulas segini aja lah…



Cre : http://www.2lisan.com
** piku2 dari berbagai sumber


0 komentar:

Poskan Komentar

 

coretan yanni Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template