Jumat, 11 Februari 2011

Oi Sobagi (오이 소박이)

http://3.bp.blogspot.com/_-x7gqq9QJuA/S_37qE0LtzI/AAAAAAAAKeA/q8oaZtakU4w/s1600/100506_p13_cuisine.jpg
Oi Sobagi (오이 소박이) adalah kimchi yang populer di musim panas. Timun renyah sangat menyegarkan. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan ketimun kecil yang lembut. "Buchu" (daun bawang liar kecil), yang menyerupai daun bawang tapi dengan daun datar, hanya tersedia di beberapa pasar Korea. Anda dapat mengganti daun bawang, jika perlu.

Bahan:
1. Cucumber/ timun: 9 ukuran kecil atau sekitar 910 g
2. 2 1/2 sendok makan garam

3. Sejumput BUCHU/Allium Schoenoprasum (Garlic Chives/daun bawang liar). Kalau gak ada, bisa diganti dengan daun bawang/ green onion kemudian di cacah!

4. 2 siung bawang putih/ garlic, memarkan halus

5. 2 sendok teh parutan dari jahe/ginger

6. 3 sendok makan "GOCHUGARU"(cabai serpih/Red Pepper Powder)

7. 1/4 sdt GULA

8. 1/4 cup (60 ml) AIR dicampur dengan 2/3 sendok teh GARAM

CARA MEMBUAT:
1. Cuci semua bahan. Potong mentimun bagian ujung atas dan bawahnya, kemudian dibelah 2kali dengan menyisakan 1,3 cm dibagian ujung (jangan dibelah semuanya sampai bagian akhir!)

2. Masak air yang sudah dicampur dengan garam sampai mendidih, lalu air mendidih ini disiram ke potongan timun tadi. Diamkan selama 50 menit lalu bilas dengan air dingin. (Agar timun tetap cruncy saat dimakan!)

3. Sisihkan timun, beralih ke saucenya! Campur buchu (bawang prei liar) atau daun bawang, bawang putih, jahe, gochugaru (serpih cabai) dan gula. Aduk-aduk sampai rata!

4. Ambil timun, sisipkan diantara celah timun sauce yang telah diaduk itu. Tutup dan sisihkan pada suhu ruang selama satu hari untuk matang, lalu simpan dalam lemari es.
gswift, koreancuisine, aeriskitchen

1 komentar:

Anonim mengatakan...

pengennn..duh ngiler nih B-)

Poskan Komentar

 

coretan yanni Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template